Tips Blogger: Single Topic atau Multi-Topic?

Untuk Anda yang baru akan memulai kehidupan sebagai blogger, mungkin akan dihadapkan dengan sebuah dilema ketika harus memilih konten seperti apa yang akan Anda buat, apakah single topic atau multi-topic. Untuk itu kita harus tahu dulu apa kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis blog tersebut.

Di era sebelumnya, blogging adalah kegiatan yang sederhana tanpa harus memikirkan SEO atau menaikan rank agar lebih terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Tapi sekarang, untuk membuat blog yang baik dibutuhkan kerja keras dan konten berkualitas untuk mengoptimalisasi performa dan rank blog yang kita miliki. Dan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah niche.

pilih niche blog

Apa itu Niche?

Sebelumnya, mungkin masih ada di antara Anda yang masih bertanya-tanya, “apa itu niche?”. Niche adalah topik yang dipilih untuk blog yang akan Anda buat. Sebagai contoh, “Blogging” adalah niche untuk blog ini, artinya kami hanya akan menerbitkan tulisan tentang blogging dan segala hal yang terkait dengan topik tersebut.

Hati-hati dalam memilih niche. Fokuskan perhatian pada calon pembaca blog Anda ketika memilih niche, jangan memilih topik yang tidak dicari oleh orang karena nantinya blog yang Anda buat akan sepi dari pengunjung.

Single Topic vs. Multi-Topic

Blog yang hanya memiliki satu macam topik untuk membuat konten disebut dengan single topic. Sementara multi-topic adalah blog menerbitkan tulisan dengan berbagai macam topik yang berbeda di dalamnya. Seperti halnya web berita yang berisi tentang berita hukum, ekonomi, hingga hiburan.

  • Single Topic

Kelebihan:

(+) Lebih mudah untuk dikelola karena Anda bisa fokus pada satu topik yang disukai.

(+) Lebih mudah menargetkan pengunjung blog

(+) Lebih cepat menghasilkan uang karena pengiklan lebih suka dengan blog yang audiensnya terfokus

Kekurangan:

(-) Sulit untuk mengekspansi jangkauan blog di masa depan

(-) Sulit mencari ide konten karena hanya mengeskploitasi satu topik saja

 

  • Multi-Topic

Kelebihan:

(+) Memiliki banyak pengunjung karena berasal dari pembaca topik yang berbeda-beda

(+) Tidak mudah kehabisan ide untuk membuat konten

(+) Selalu bisa membuat konten dari fenomena-fenomena yang sedang viral

Kekurangan:

(-) Makan banyak waktu untuk mengelola karena harus melakukan riset di berbagai topik

(-) Sulit membuat konten berkualitas ketika topik yang dibuat tidak Anda sukai