3 Tips Mudah Membuat Judul Tulisan yang Menarik

Apa yang pertama kali Anda baca dari sebuah tulisan, apapun bentuknya itu? Ya, benar sekali, judul tulisan. Entah itu artikel, novel, buku, ataupun jurnal, judul merupakan hal pertama yang biasanya akan dibaca dan oleh karenanya, judul menjadi hal yang sangat penting bagi tulisan itu sendiri. Jika tulisan dianggap sebagai sebuah toko, judul merupakan etalasenya. Fungsinya adalah untuk mengundang calon pembeli agar merasa tertarik dan kemudian masuk ke dalam toko untuk berbelanja. Dan etalase selalu dibuat semenarik mungkin. Begitu juga dengan judul tulisan. Judul tulisan haruslah menarik orang untuk membaca keseluruhan tulisan.

membuat judul artikel

Membuat Judul Tidaklah Mudah!

Tapi membuat judul yang menarik bukanlah perkara yang mudah. Bahkan banyak penulis yang mengaku bahwa mereka menemukan lebih banyak kesukaran dalam menentukan judul ketimbang menulis kontennya. Inilah alasan mengapa banyak penulis lebih suka menulis judul belakangan. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat judul tulisan yang baik sekaligus menarik? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  1. Judul Harus Sesuai Isi

Point ini menjadi hal yang wajib Anda penuhi saat menulis judul bagi tulisan Anda. Judul merupakan representasi dari tulisan Anda. Jika mengambil contoh seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, judul merupakan etalase toko. Akan jadi sangat aneh jika etalase dan isi toko tidak nyambung. Sebagai contoh, etalasenya menampilkan baju-baju yang menarik akan tetapi saat Anda memasuki toko, ternyata isinya adalah pakan kucing.

Jangan sampai Anda menulis tentang artikel kesehatan bertema diet yang sehat tapi judul artikel Anda malah tentang pakan kucing. Pembaca akan merasa tertipu. Alih-alih meneruskan membaca, tulisan Anda akan ditinggalkan begitu saja. Atau bisa jadi pembaca akan tetap melanjutkan membaca namun dengan perasaan “bagaimana sih tulisan ini?” Jadi pastikan Anda sesuaikan judul dengan isi tulisan.

  1. Gunakan Kata-kata yang Menarik Perhatian

Jika Anda ingin menarik orang lain untuk membaca tulisan Anda, pastikan Anda bisa menarik perhatian mereka dengan judul yang bagus. Hindari menggunakan judul yang biasa-biasa saja. Seperti apa sih judul yang biasa-biasa saja itu? Mari kita lihat contoh judul artikel “HP Xiaomi Terbaru 2017”. Judul tersebut memang bisa digunakan namun tidak terlalu menarik. Bandingkan dengan judul “Wow! Xiaomi Membuat Gebrakan di Tahun 2017.”

membuat judul menarik

Bagaimana menurut Anda? Bukankah judul yang kedua terasa lebih menarik? Penggunaan kata-kata yang sedikit melebih-lebihkan seperti “wow”, “astaga”, “kamu harus tahu!” dan lain sebagainya akan lebih memberikan efek yang menarik bagi pembaca. Atau bisa juga Anda menggunakan angka untuk lebih menarik. Sebagai contoh “10 Gaya Pakaian Inspirasi Musim Panas”. Bandingkan dengan judul “Gaya Pakaian Inspirasi Musim Panas”. Hanya dengan menambahkan angka di dalam judul sudah bisa memberikan efek yang lebih menarik, bukan?

  1. Gunakan Diksi yang Memicu Rasa Penasaran

Satu lagi tips yang bisa Anda gunakan dalam menulis judul adalah dengan menggunakan pilihan kata yang memicu rasa penasaran pembaca. Biasanya Anda bisa menggunakan bentuk kalimat tanya pada judul tulisan Anda. Sebagai contoh, “Drama Setya Novanto vs. KPK, Kapankah Berakhir?” atau judul “Menghilangkan Lemak dalam Semalam, Bagaimana Caranya?” Anda juga tetap bisa memicu rasa penasaran tanpa menggunakan bentuk kalimat tanya. Sebagai contoh “Ini Dia Cara Menghilangkan Lemak dalam Semalam!”

Itu dia tiga tips mudah dalam membuat judul yang menarik untuk tulisan Anda. Memang dibutuhkan banyak latihan hanya untuk bisa membuat judul yang menarik. Dan satu lagi, dalam membuat judul, tempatkan diri Anda sebagai pembaca. Silakan berpikir apakah judul Anda sudah cukup menarik atau belum. Jika belum, silakan coba lagi sampai Anda puas sebellum mempublikasikan tulisan Anda.